Senin, 17 Juni 2013

BTS

hallo dunia...

kali ini saya akan membahas mengenai perangkat seputar dunia telekomunikasi.
dan pada kasempatan kali ini saya akan mendeskripsikan mengenai perangkat BTS.

jika kita membahas soal BTS itu berarti kita membahas tentang system dalam artian system pada BTS tersebut yaitu 2G(GSM) dan 3G(UMTS).
untuk system 2G GSM itu berada pada frekuensi 800/900/1800,sedangkan untuk 3G/UMTS berada pada frekuensi 1900/2100.
Pada umumnya system 2G hanya untuk dipakai voice call dan text/SMS,untuk 3G digunakan untuk panggilan data dan video call.


BTS, (Base Transceiver Station) adalah perangkat dalam suatu jaringan telekomunikasi seluler yang berbentuk sebuah tower dengan ketinggian tertentu lengkap dengan antena pemancar dan penerima serta perangkat telekomunikasi di dalam suatu shelternya.
BTS sangat penting dalam suatu jaringan telekomunikasi, karena menghubungkan jaringan suatu operator telekomunikasi seluler dengan pelanggannya. BTS memiliki daerah cakupan yang luasannya tergantung dari kuat lemahnya pancaran daya dari sinyal yang dikirimkan ke pelanggan. Selain itu, faktor lingkungan dan interferensi dari BTS operator lain juga cukup berpengaruh pada kemmapuan BTS dalam mengcover daerah yang luas.
BTS memiliki beberapa tipe antena dengan fungsi yang berberda-beda. Secara umum dibagi menjadi dua, antena ke arah pelanggan (sectoral anttena)dan antena ke arah BSC atau BTS lain.
Minilink akan memancarkan daya ke arah BSC, BTS lain atau perangkat BTS milik operator lainnya, terantung posisi dan peran yang dijalankannya dalam suatu jaringan telekomunikasi seluler (GSM dan 3G). Ukuran dari Minilink dan Pasolink ini akan tergantung dari kapasitas dan kemampuan dari perangkat itu. Semakin besar kapasitas bandwidth suatu Minilink/Pasolink maka ukurannya akan menjadi semakin besar juga.
Struktur jaringan GSM secara umum bisa digambarkan sebagai berikut:

  •  BTS
  • BSC
  • MSC





                                                                                          BTS Huawei






sampai ketemu di pembahasan berikutnya ya teman2....
maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan dan kekurangan dalam penjelasannya,hanya untuk sekedar sharing saja.




C U....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar